Sumber data didapat dari :
- Lingkungan kerja
- Lembaga pendidikan
- Media massa
- Instansi pemerintah
- Masyarakat
Data/informasi dapat diperoleh melalui berikut :
a. Hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya
b. Data yang telah lewat dengan memperhatikan trend dan taksiran di masa datang
c. Mengambil dari pusat data seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data Informasi Pertanian (Pusdatin)
d. Media elektronik seperti televisi, radia, dan internet
e. Media cetak seperti buku, majalah, karya ilmiah, koran, proposal, dll
f. Forum seperti seminar, pelatihan, dan pendidikan
Proses Penghimpunan Data
Proses penghimpunan data meliputi :
a.
Penerimaan datab. Identifikasi data/informasi
c. Recalling (pemberitahuan/pengambilan kembali data)
d. Penduplikasian kembali file
e. Penyortiran data yang sudah terkumpul
f. Penjilidan/pengelompokan data menjadi satu jenis
g. Penyimpanan ke dalam media file box, filling cabinet, ordner.
Jenis-jenis data di Tempat Kerja
a. Data keuangan, diantaranya data upah karyawan,
keuntungan, pemasukan, pengeluaran (belanja), hutang serta piutang perusahaan
dllb. Data administrasi umum, diantaranya data kegiatan organisasi, data kebutuhan alat tulis (ATK) dll
c. Data kepegawaian, diantaranya data karyawan, data absen, data jam kerja lembur
d. Data pemasaran/bisnis, diantaranya data barang yang akan dipasarkan, data kantor cabang dll
e. Data pembelian, diantarannya data pembelian bahan baku, data pembelian mesin serta suku cadang dll
f. Data produksi, diantaranya data waktu produksi, data kapasitas produksi, dan data jumlah produksi
g. Data gudang, diantaranya data persediaan barang, data barang rusak, dan data sisa barang
h. Data penjualan, diantaranya data pemasukan, data biaya promosi, dan data barang terjual
i. Data distribusi, diantaranya data pengiriman, pengembalian barang, dan penerimaan barang.
Manfaat data atau informasi
Data atau informasi memiliki manfaat yaitu :
a.
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan organsasib. Mengurangi resiko kesalahan dalam pengambilan keputusan
c. Menggambarkan kondisi yang terjadi masa kini
d. Memberi gambaran trend atau kecenderungan dimasa depan
e. Mengurangi ketidak pastian kondisi karena adanya kesimpangsiuran fenomena
f. Menjadi dasar bagi pemecahan masalah cepat
g. Menghasilkan arus kerja menjadi lebih efektif dan efesien
h. Meningkatkan citra positif perusahaan
i. Menambah relasi
j. Meningkatkan kepercayaan pemegang saham
k. Memberi arahan bagi promosi yang lebih jelas
l. Menjadi dasar pertanggungjawaban atas segala tindakan yang sudah diambil
m. Memberikan bukti, bukan kesan, isu, atau opini dari pihak lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar